aiken21.blogspot.com

aiken21.blogspot.com
Download your favorite 3D paper
Home » , , » Definisi dan Sejarah Manufaktur

Definisi dan Sejarah Manufaktur


Manufaktur adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan peralatan dan suatu medium proses untuk transformasi bahan mentah menjadi barang jadi untuk dijual. Upaya ini melibatkan semua proses antara yang dibutuhkan untuk produksi dan integrasi komponen2 suatu produk. Sektor manufaktur sangat erat sekali terkait dengan rekayasa atau teknik.
            Sedangkan kata Manufaktur berasal dari bahasa Yunani manus factus yang berarti dibuat dengan tangan. Kata manufacture muncul pertama kali tahun 1576, dan kata manufacturing muncul tahun 1683. Manufaktur, dalam arti yang paling luas, adalah proses merubah bahan baku menjadi produk. Pada konteks yang lebih modern, manufaktur melibatkan pembuatan produk dari bahan baku melalui bermacam-macam proses, mesin dan operasi, mengikuti perencanaan yang terorganisasi dengan baik untuk setiap aktifitas yang diperlukan. Mengikuti definisi ini, manufaktur pada umumnya adalah suatu aktifitas yang kompleks yang melibatkan berbagai variasi sumberdaya dan aktifitas sebagai berikut:
- Perancangan Produk - Pembelian - Pemasaran
- Mesin dan perkakas - Manufacturing - Penjualan
- Perancangan proses - Production control - Pengiriman
- Material - Support services - Customer service
          Dalam bisnis, secara umum terdapat 2 jenis bentuk produk yang ditawarkan kepada para pelanggan. Pertama adalah produk manufaktur, merupakan produk yang sifatnya nyata, hadir secara fisik, dapar dilihat dan disentuh barangnya. Kedua adalah produk berupa jasa, di mana jasa adalah sebuah pelayanan yang ditujukan kepada pelanggan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut. Sifat dari jasa adalah kebalikan dari produk manufaktur, tidak dapat dilihat bentuknya, tidak dapat disentuh, dan secara fisik tidak dapat diketahui bentuknya, hanya dapat dirasakan apakah mampu memenuhi keinginan pelanggan atau tidak.
                        Karena adanya perbedaan ini, maka manajemen dalam menjalankan bisnis pada bidang jasa pun harus berbeda dengan bisnis manufaktur.Terdapat 5 sifat dasar jasa yang paling membutuhkan perlakuan berbeda dari sebuah perusahaan:

  1. Adanya partisipasi pelanggan dalam proses produk jasa
  2. Proses produksi dan penyampaian jasa kepada pelanggan berlangsung bersamaan.
  3. Bersifat real time
  4. Bersifat tidak nyata
  5. Heterogen

0 comments:

Post a Comment

aiken21. Powered by Blogger.

Followers